Jumat, 09 Juni 2017

Belajar jadi vloger yuk sambil paham sosial content vs search content bersama CNI

              Yes kemaren tanggal 28 may 2017 which is hari kedua setelah puasa, aku hadir ke acara buka puasa bersama komunitas ISB ( Indonesian Sosial Blogprenuer) dan CNI. pasti familiar ya dengan CNI ya itu perusahaan supplier produk yang masih adadi pasaran sampe sekarang, kalu kata mama ku CNI itu identik dengan produk Ginseng nya yang terkenal sampai sekarang. Nah terus aku belajar banyak ilmu diacar itu salah satu nya paham apa beda nya Sosial Content dan Search Content sama ilmu penting untuk jadi vlogger. Yuk ah kupas tuntas....

Sosial Content vs Search Content




       Buat aku yang blogger pemula aku harus tahu nih beda nya search content dan sosial content, karena pengertian kontent itu sendiri adalah materi atau isi ( menurut aku loh ya, menurut kamu juga bisa beda) tapi secara garis besar nya begitu haha...

Jadi search content itu menurut mas niko ( digital marketing specialyst CNI) adalah kontent yang di cari di mesin pencari seperti Google. Nah informasi yang biasanya di cari di google itu yang berhubungan dengan yang membawa perubahan dampak afekti,kognitif,sama perilaku buat si pencari kontent ini. Nah ada 3 tipe yang biasanya dicari : informasi,navigasi,sama transaksional. Jadi buat aku dan teman-teman yang blog nya ingin mudah di jaring sama google buatlah search konten ini. 


Kemudian kalau sosial kontent itu adalah kontent yang belum tentu di cari orang tapi jika mereka menemukan kontent kita di sosial media ( twitter, facebook, youtube) dan mereka suka maka mereka akan mengikuti kita.



Jadi kesimpulan nya menurut mas niko , search kontent adalah audience yang mencari kontent kita sedangkan sosial kontent kitalah yang mencari audience. Bagus nya untuk kita adalah kombinasi dari sosial kontent dan search kontent.

Lanjut nih masih di acara buka puasa bersama komunitas ISB dan CNI yang masih ada sampe sekarang juga mengadakan live tweet dengan hastagh #CNIMasihAda?  untuk sekaligus menginform kalau CNI yang mau merayakan 30 tahun berdiri hingga sekarang itu masih ada bahkan berkembang ke pasar digital loh bisa diklik di GeraiCNI.com karena CNI percaya bahwa semua harus berinovasi seiring perkembangan jaman dan dunia internet maka CNI juga berinovasi memudahkan pelanggan nya untuk terus menikmati produk CNI seperti ginseng yang dibilang mama ku itu hehe...


geraicni.com




Yuk Jadi Vlogger
Mba Yonna Kairupan


Setelah mas niko kita lanjut belajar dari mba Yonna Kairupan, yes she is the make up artist and also a vlogger too. Wooow kebayangkan ilmu nya yang sudah melalang buana ini bisa berbagi ilmu dan semangat untuk menjadi vlogger yang hits seperti beliau. Yes, apa aja sih syarat nya bisa jadi vlogger seperti beliau :

1. Know yourself : yes, ini jadi point pertama karena kita harus tahu apa yang menjadi kekuatan serta kelemahan kita . Dan jangan takut dengan kelemahan kita kadang justru itu adalah sesuatu yang menarik untuk dijadikan kontent. Misalnya, aku gak suka makan  pedas, akan jadi seru kalo ikutan samyang challenge pasti ekspresi natural itu bahkan ngundang banyak viewers.

2. Focus/Clarity   : Ini seperti orang mau identifikasi -in youtube channel itu kamu apa, travel vloger   kah, beauty vloger kah atau food vloger. Semakin jelas kamu fokus di suatu tema  makin sering mencari kamu sesuai kebutuhan mereka.

3. Values             : Simple nya gini, audience abis nonton video kamu dapat apa? informasi kah, hiburan kah, atau sesuatu yang memang mereka cari seperti hal baru yang unik dan  memberi pengetahuan buat mereka.

4. Consistency    : Ini adalah keseriusan kita untuk terus menjadikan vlogger ini do it like a pro not hobbies anymore. Jadi kita harus konsisten jangan diawal rajin upload video tapi kebalakang nya ga pernah upload lagi karena alasan sibuk lah atau capek lah atau lain-lain. disini kita harus konsisten!

5. Promosi          : Promosi-in akun youtube channel kita ke semua orang melalui banyak cara, misalnya share di sosmed, maling list bahkan kalo perlu sebar e-flyer ya :)

6. Ready for Haters: Haters itu adalah orang yang akan memperhatikan kamu lebih dari siapapun ,        just ready for their advice dan ga perlu takut kalo di kritik sama haters.


Intinya selama kita mau untuk menjadi lebih baik, maka kita harus DO IT START NOW, jangan tunda untuk jadi vlogger. Semakin termotivasi setelah mendengar mba Yonna Kairupan bilang : " Kalau saya ibu 4 anak saja bisa, kenapa kamu engga? " 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar